Death Parade
TipeTVEpisode12Tayang10 Januari 2015StudioMadhouseRatingR-17GenreGame, Mystery, Psychological, Drama, Thriller

Death Parade adalah anime psychological yang mengambil latar belakang kehidupan manusia setelah mati. Disaat orang meninggalkan dunia, ia akan dibawa ke tempat pengujian untuk memutuskan apakah orang tersebut layak bereinkarnasi kembali atau bersemayam selamanya di alam kehampaan. Ruang pengujian ini berupa bar dengan bartender yang menyiapkan permainan.

Quindecim merupakan bar akhirat dimana jiwa manusia yang baru saja mati akan dikirim ke sana. Tempat ini dijaga oleh Decim, seorang pengawas dan salah satu penguji. Decim bertugas untuk memutuskan apakah orang yang dikirim kesana bisa diberikan nasib baik yaitu reinkarnasi kembali ke bumi, atau takdir buruk yang berarti dibuang ke neraka selamanya.

Perempuan misterius yang tak mengingat siapa namanya menjadi asisten Decim dalam menyelesaikan tugas di alam baka itu. Untuk melakukan pengujian, mereka akan memberikan pilihan kepada tamu yang datang berupa games yang wajib dimainkan. Jenis gamenya adalah permainan kematian, dibuat untuk memperlihatkan wajah asli terdakwa melalui kesakitan, darah, dan rasa takut.

Death Parade HD Full Episode

  1. Death Seven Darts
  2. Death Reverse
  3. Rolling Ballade
  4. Death Arcade
  5. Death March
  6. Cross Heart Attack
  7. Alcohol Poison
  8. Death Rally
  9. Death Counter
  10. Story Teller
  11. Memento Mori
  12. Suicide Tour

Death Parade menjadi salah satu anime pendek yang SyamSalabim tonton dengan pace yang cukup cepat. Jumlah 12 episode yang sejauh ini tak memiliki tanda-tanda sequel menjadi alasannya. Tapi bukan berarti anime ini tidak memperhatikan plot yang dibangun diantara karakter-karakternya yang unik. Ratingnya yang lumayan tinggi dengan skor 8 pada situs MAL menjadi bukti.

Decim adalah penguji yang bertugas di salah satu bar alam pertengahan tersebut. Dengan gaya seperti bartender, ia memberikan pilihan permainan kepada jiwa-jiwa yang dikirim ke sana. Decim memiliki wajah yang kaku dan tampak tak punya emosi. Tapi dibalik topengnya itu, ia sangat menghargai manusia yang telah menunaikan kewajibannya menyelesaikan kehidupan di bumi.

Hal itu ditunjukkan dengan hobinya mengoleksi boneka-boneka jiwa yang telah ditinggal pergi. Bagi Decim, tiap manusia itu unik. Sayangnya, Decim tidak selalu benar dalam memutuskan hasil akhir kepada manusia. Ia yang tak tahu isi hati dan perasaan manusia sering melakukan keputusan yang salah. Nona yang merupakan boss nya sangat paham akan kekurangan Decim tersebut.

Nona adalah manajer akhirat di lantai 90 dan bertugas mengawasi hasil kerja Decim. Menurutnya, Decim perlu belajar mengetahui bagaimana emosi manusia sering mengontrol sikap dan pikiran mereka dalam bertindak ditengah permainan. Maka dari itu, Nona membawa seorang perempuan yang menurutnya lebih paham masalah itu menjadi asisten Decim.

Wanita yang tak mengingat apapun tentang dirinya, dipanggil Onna. Berambut hitam lurus dengan wajah pasi, Onna lebih punya sifat emosional dan kemanusiaan dibanding Decim. Terkadang, ia menentang keputusan sewenang-wenang Decim yang terlihat mempermainkan perasaan orang mati melalui game yang kejam dan tak berperasaan. Sulit bagi Decim memahami hal itu.

Game yang menjadi alat untuk mengadili jiwa yang datang memang tak biasa. Dari luar, terlihat seperti permainan biasa pada umumnya, ada Dart, Bowling, Retro, dll. Tapi di tempat itu, game-game ini terhubung langsung dengan syaraf terdakwa. Setiap aksi dapat merangsang rasa sakit yang menyengat dan meninggalkan luka. Dibanding game, lebih cocok disebut instrumen penyiksa.

Konsep alam barzakh selalu menjadi background yang menarik ketika dihadirkan di anime. Tapi Death Parade subtitle Indonesia bukanlah anime isekai yang mainstream dan berplot kosong. Membawa genre psikologis, alur cerita yang dikembangkan anime ini bukan hanya menguji karakter dalam bar Quindecim, tapi juga penonton dalam menentukan keputusan yang tepat kepada mereka.