CSS Minifier

CSS adalah kumpulan kode yang mengatur struktur desain pada sebuah website. Bagi yang aktif dalam kegiatan blogging, memahami penggunaan kode CSS merupakan hal yang sangat penting. Jika tidak, blog yang dikelola akan sulit untuk dikreasikan. Karena tanpa kehadiran CSS, mustahil mendekorasi halaman blog yang terbentuk dari struktur HTML.

Sama seperti mempelajari kode HTML, belajar cara pengaplikasian CSS tidaklah sulit. Yang dibutuhkan hanya ketelatenan dan niat untuk menguasainya. Jika Agan mau mencoba, tidak ada salahnya membaca dulu artikel sederhana berikut: Belajar HTML dan CSS Dasar.

Bagi yang sudah paham trik pemakaian CSS pada halaman situs, SyamSalabim ingin membantu dengan menyajikan sebuah tools sederhana bernama CSS Minifier. Dari namanya sudah jelas fungsi tools ini untuk memperkecil atau meminimalkan source code pada CSS. Sangat berguna merapikan kode yang terdapat dalam template sehingga mengurangi kapasitas blog yang berat.

TOOLS

Tools CSS Minifier tersebut sangat bermanfaat untuk dipakai merapikan kode CSS yang berantakan dan dipenuhi karakter yang tak diperlukan. Penggunaannya mudah saja, silahkan copy paste kode CSS yang ingin diperkecil ke dalam kotak area. Ada beberapa opsi yang bisa dicentang:

  1. Strip All Comments
    Membuang semua komentar si pembuat kode, biasanya dipisahkan dengan tanda /* */.
  2. Super Compact
    Menghilangkan tiap baris baru atau Enter yang terdapat dalam struktur CSS.
  3. Keep Indentation
    Menambah indentasi (spasi awal) pada kode CSS yang terdapat di Media Query.
  4. Remove Last Semicolon
    Menghapus semua tanda Titik Koma (;) yang berada di akhir tiap baris kode CSS.

Jika selesai ditentukan pilihan mana saja yang diambil, klik tombol Compress CSS agar pengaturan tersebut diterapkan pada kode CSS. Kemudian tombol Select All untuk memblok semua karakter yang terdapat di textarea sehingga bisa langsung di copy paste kembali. Sedangkan tombol Clear Field berguna menghapus kode yang tadinya dimasukkan ke dalam kotak.