Cara Melindungi Blog

Salah satu tantangan terbesar seorang blogger ketika berkecimpung di dunia blogging adalah melindungi blognya dari pembajakan. Informasi dalam dunia digital sangat bersifat terbuka, karenanya pencurian konten merupakan sesuatu yang umum dan tak mengherankan. Bahkan beberapa website berita lokal pun melakukan hal ini.

Tapi, menyalin artikel orang lain tanpa seizin blogger bersangkutan adalah tindakan pembajakan yang sangat merugikan. Padahal, tulisan dengan ratusan sampai ribuan kata tidak begitu saja tercipta. Butuh waktu berjam-jam bahkan riset berhari-hari bagi mayoritas blogger sebelum akhirnya puas dengan artikelnya sendiri dan melakukan publikasi.

Setelah memposting hasil jerih payah tersebut menjadi apdetan terbaru blog, tiba-tiba tulisan plagiarisme yang mengutip artikel kita sepenuhnya muncul di situs lain dalam waktu beberapa menit saja. Bagaimana gak perih? Belum lagi jika blog terkena tindakan AGC.

SyamSalabim pribadi sudah memantapkan hati untuk menjadi blog dengan artikel orisinil hasil ketikan tangan sendiri, maka dari itu tindakan copy paste tanpa menyertakan sumber sangat ditentang oleh Syams. Salah satu cara yang Syams lakukan guna mengantisipasi tindakan pembajakan adalah mendaftar DMCA. Bagaimana cara kerjanya?

TUTORIAL

Apa Itu DMCA?

Sebelum ke pembahasan utama, terlebih dahulu kita pahami soal DMCA ini. Agan bisa mengakses website DMCA melalui link berikut: dmca.com. Singkatnya, DMCA adalah layanan website yang menawarkan proteksi terhadap konten digital untuk melawan aksi pembajak, dalam hal ini para tukang copas artikel.

Yang menarik adalah, untuk melindungi blog lewat DMCA caranya sangat mudah bahkan gratis selamanya. Yang perlu dilakukan hanya memasang Badge yang sudah disediakan oleh website ini. Gunanya, Badge itu berfungsi sebagai signature sehingga DMCA bisa memantau tulisan yang terdapat dalam blog.

Setelah 30 hari terpasang, nantinya akan terdapat tulisan “Protected by DMCA.com“, yang berarti DMCA menganggap bahwa konten pada blog itu murni dan tidak ditemukan di tempat lain, sehingga wajib dilindungi. Hal ini memungkinkan blog pencuri mendapat sanksi berupa penghapusan berkat sistem DMCA tadi. Terdapat pula langkah pelaporan secara manual jika malas menunggu.

Dengan modal mendaftar, layanan ini tentunya sangat berguna untuk melindungi konten digital milik blogger-blogger jujur. Badge DMCA sendiri memiliki reputasi yang kuat dikalangan pencuri artikel. Hanya melihat Badge tersebut saja, mereka pasti jadi was-was dan khawatir untuk melakukan tindakan tak terpuji tersebut, kemudian mengurungkan niatnya.

Cara Mendaftar DMCA

1. Buka link DMCA disini.

2. Pilih Badge sesuai selera.

Cara Mendaftar DMCA
3. Lakukan SIGNUP dengan mengisi nama dan Gmail.

4. Copy paste kode dalam kotak Embed Your Badge.

Cara Mendaftar DMCA
5. Pasang di blog melalui Tata Letak > Tambah Gadget > HTML/Javascript.

Cara Melindungi Blog
6. Tunggu 30 hari guna mengoptimalkan perlindungan DMCA.

Langkah Validasi Blog

Setelah berhasil mendaftar, langkah selanjutnya adalah melakukan validasi atas blog tersebut, guna kepemilikan blog diverifikasi DMCA. Coba buka alamat Gmail yang sebelumnya didaftarkan. Disana akan ada email konfirmasi yang menyebutkan rincian login akun DMCA Agan.

1. Login ke dalam Dashboard DMCA menggunakan Username dan Password yang tersedia.

2. Pada halaman Dashboard tambahkan situs melalui tombol Add a Site > Add Site, lalu Claim.

Cara Validasi Blog
3. Ada 4 pilihan Validasi. Bagi pengguna Blogger pilih nomor 2.

Cara Validasi Blog
4. Copy paste kode meta dan letakkan dalam template blog tepat di bawah <head>.

5. Tekan tombol Validate Meta pada pilihan nomor 2 tadi. Jika ada pesan begini berarti sukses.

Thanks Syamsul Fajrin,
You successfully validated syamsalabim.blogspot.com. You can now edit the profile and compliance data for this site below.

6. Tinggal isi saja rincian Profile blog yang tersedia dan lakukan Save.

Cara Validasi Blog

Menutup Konten Bajakan

Selain melakukan pendaftaran dan pemasangan Badge, Agan juga bisa langsung menghukum para pembajak dengan melakukan laporan Takedown. Sayangnya, untuk servis yang satu ini Agan perlu merogoh gocek sehingga proses pelaporan bisa berjalan lancar. Tapi dijamin worth it karena sudah banyak yang mencoba dan berhasil menutup konten bajakan selamanya.

Bagi yang mau mencoba silahkan tekan tombol berikut dan isi deskripsi yang ada.

Create a Takedown

Demikian cara melindungi blog dari pembajakan dengan mendaftar DMCA. Sebagai pembuat konten original, melindungi hasil karya digital harus menjadi prioritas utama. Ada banyak trik yang dilakukan para blogger guna mengatasinya, contohnya script anti copas. Tapi hal ini justru berakibat fatal pada user experience. Kebanyakan cara itu juga kurang efektif. Pada akhirnya, Syams merekomendasikan DMCA ini sebagai langkah terdepan untuk melawan pembajakan.